2

18w+

kalo sebelumnya saya bilang setahun di 2011 itu gak kerasa, lain kalo udah ngomongin kehamilan ya, 1 bulan tuh rasanya lamaaaaaa….Tiap beres konsul pasti langsung menanti-nanti bulan depan, biar bisa ketemu lagi ade bayi. Pas hari konsul tiba, kerasa banget loh semangatnya untuk ketemu. :D

kontrol pertama di tahun 2012. jalanan masih sepi, sudirman-KMC lancar jaya. orang-orang masih pada liburan kali ya…seperti biasa dateng ke KMC jam 5an udah dapet antrian no.6. ukur tensi dan timbang badan dulu…

tensi lagi rendah 90/60 (pantes suka kleyengan kalo jalan-jalan ke tempat rame) dan berat badan naik 3 kg aja gitu selama sebulan kemarin. ah salah niiii….biasa nimbang cuma naik 2 kg koooo….etapi tetep aja sih kata suster naiknya banyak, biasanya paling naik 1 kg dalam sebulan.

Kali ini ke KMC sendirian aja karena si abang lagi ke lapangan. Lumayan agak mati gaya, bosen bolak balik liatin tv dan layar bb. setelah nunggu 1.5 jam akhirnya dipanggil masuk juga.

ditanya keluhan paling cuma pusing aja sih. Mual dan muntah udah gak, hamdallah….napsu makan juga lagi bagus-bagusnya (ya ampe naik segitu ya). trus ngasih hasil tes TORCH yang sempet bikin saya panik dan gak tenang itu.

Jadi hasil tes TORCH saya alhamdulillah negatif semua kecuali 1 point : IgG CMV nya +. Dasar saya emang panikan ya, langsung heboh deh bertanya-tanya ini maksudnya apaaa…*sambil sedikit drama karena takut ade bayi kenapa-kenapa

Tapi ternyata gak perlu khawatir, IgG itu buat ngecek ada gaknya virus dimasa lampau. Kalau nilainya + berarti duluuuuuu ntah 6 bulan yang lalu, 10 atau 20 atau bahkan 50 taun yang lalu kita pernah kena dan sekarang udah ada antibodinya. Nah, IgM justru untuk liat ada gaknya virus yang aktif saat ini.

kalo liat di sini sih, CMV itu ternyata virus dalam keluarga herpes juga. menurut bu dokter CMV emang lazim ada di developing countries. Sakitnya juga mirip-mirip sama common cold, gak ada tanda-tanda khusus. bisa aja keliatan kaya flu biasa, tapi ternyata kena CMV.

fiiuuh lega, langsung lanjut deh ke bagian yang bikin dagdigdug skaligus excited : USG!

pertama yang keliatan ade bayi lagi tengkurep, tapi posisinya kaya lagi sujud. Hihihi…so cute! keliatan kaya nungging-nungging gitu. Nah, ntah karena ruangan dr diah lebih gelap dari biasa (perasaan) atau karena hal lain, saya gak begitu jelas liat hasil USG di layar. Pas dr diah nunjukin sesuatu, misalnya ini ni bu pahanya, yang ini kepalanya, ini perutnya, tuh lambungnya udah ada, dll saya lamaaaaaa banget mikirnya. Setelah diliat bentuknya agak-agak mirip baru deh, ooohh iya iya dok…

diukur panjang lemur (tulang paha), panjang tulang pelipis kiri dan kanan, lingkar kepala, lingkar perut, dll.

BPD (Biparietal Diameter) = panjang tulang pelipis kiri dan kanan = 4.2 cm

HC = (Head circumferencial) = lingkar kepala = 15 cm

AC = (Abdominal circumferencial) = lingkar perut = 12.2 cm

FL = (Femur length) = panjang tulang paha = 2.4 cm

berat = 202 gr

Alhamdulillah semua normal, bayi berkembang sesuai dengan umurnya. Detak jatung 164 bpm, masih normal sih kata bu dokter.

yang lucu, saya kan emang belum penasaran soal jenis kelamin si ade bayi. Mau saya sih, ntar aja pas kontrol berikutnya baru tanya biar saya dan suami barengan taunya. abis gimana gitu kalo saya tau duluan trus harus ngasih tau suami. Eeeh…taunya bu dokter bilang, “saya dari tadi sebenernya ngudek-ngudek si ade pengen liat jenis kelaminnya apa” doeeeennggg…oh, inisiatif sekali ya dokter ku ini…. :’)

setelah ditowel berkali-kali barulah keliatan.

dr diah : nah ini bu udah keliatan. Ini itunya yaaa *sambil tunjuk-tunjuk layar*

saya : *masih menatap layar, kebingungan* hah, gimana dok maksudnya *oneng banget deh*

dr diah : iya, jadi ni kemungkinan besar sih jenis kelaminnya bla bla bla…nah kan, keliatan kan nih, ini itunya…garis ini itunya….

Hahahaha…..cukup kebayang gak kira-kira ade bayi jenis kelaminnya apa? :p

Harusnya tau jenis kelamin anak pertama tuh jadi unyu moment yaaa…tapi ya sudahlaaaah….yang penting anaknya sehat (dan pintar). Can I get an amen? Aaamiin!

Sesi konsultasi kali ini cukup berantakan. Kenapa? karena suami gak nemenin, gak ada yang ngingetin harus nanya apa aja (biasanya udah saya bikin list pertanyaan dan suruh si abang hapalin kalau-kalau saya lupa). dan rasanya hamil ini bikin saya pelupa parah….kemarin tanya apa aja ya….hmm..

Oia! Tanya soal plasenta, pas di usg posisi plasenta masih di bawah tapi gak menutupi jalan lahir. Kata bu dokter masih bisa naik ko, kemungkinan lahir normal juga bisa banget. Trus kadang saya suka ngerasa perut bawah keteken gitu, mungkin sih karena rahim sama kandung kemih itu kan batesnya tipiiis banget, jadi kalo kandung kemih penuh otomatis rahimnya keteken. Pokoknya kalo udah brasa pengen pipis jangan ditahan-tahan deh!

Pesan dari bu dokter, mulai besok kalo duduk di kantor harus tegak, punggung mesti diganjel pake bantal, kaki jangan disilang dan pake sandaran kaki biar gak langsung napak lantai. Ini ada hubungannya sama kekentalan darah sih. ibu hamil setelah 4 bulan itu darahnya lebih encer yang bikin oksigen susah nempel ke hemoglobin. gak aneh kalo suka gampang kliyengan.

untuk kunjungan berikutnya saya disuruh screening test (test darah lengkap, gula, hepatitis, sama tes urin). Ah, belum apa-apa udah kangen nih sama lil kiddo…….:')

2 comments:

  1. lama nggak blogwalking ternyata lomie sudah hamil. selamat yaaaaa. pastinya tambah seneng ada kesibukan baru. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya teh thaneee...
      makasi yaa...semoga lancar juga segala persiapan sampai hari H nya :)

      Delete

Back to Top