2

syukuran 4 bulanan

Rasanya baru kemarin harus menjalani prosesi pengajian, akad nikah terus resepsi…eh setaun kemudian udah ada pengajian lagi di rumah. bulan januari kemaren, pas kehamilan 18minggu, kami ngadain syukuran 4 bulanan. Alhamdulillah….:)

acara ini idenya si mamah sih, saya dan abang mah clueless banget…taunya cuman kudu akekahan aja. lebih ke adat juga mungkin ya…ada yang ngadain pas 4 bulanan, ada juga yang pas 7 bulanan (kalo ini biasanya lengkap pake siraman segala). Lalu kenapa dipilih pas 4 bulan? Konon katanya janin ditiupkan ruh pada saat usia kehamilan 4 bulan. etapi bukan brarti berdoanya cuma pas di bulan ke-4 kehamilan aja loh yaaa…..berdoa mah tetep harus setiap saat atuh hehehe

Saya rikues sama si mamah untuk ngadain syukuran sederhana aja, cukup ngundang keluarga dan tetangga sekitar. Makanan pun gak perlu pesen catering atau nasi box karena mamah emang doyan masak sendiri kalo ada acara-acara ginian. Dulu pas pengajian dan akad nikah aja sanggup masak sendiri apalagi ini cuma masak untuk 50 orang…well, manggil tukang masak profesional siihh…hehehe.. Alasan lain? Tentu saja biar irit :D

Acara pengajian rencananya diadain jam 4 sore, tapi aktifitas dapur udah sibuk dari pagi-pagi. Kali ini mamah manggil bu Engkus (yang emang udah biasa masak porsi gede) dan dibantu sama 2 tante saya. Menunya standar : nasi, ayam kecap, capcay, telur pindang, kerupuk, sambel+lalap jangan lupa. biar gak repot nyuci-nyuci piring, semua makanan dibungkus aja. jadi emang konsep acaranya : ngaji, tausiyah, trus bagi-bagi goodie bag.

Isi goodie bag selain makanan berat tentu ada snack box dan souvenir (lagi-lagi kerudung). Thanks to sepupu-sepupu saya yang udah bantuin bungkusin snack box! :D

Jam 4 teng! Ibu-ibu pengajian udah pada dateng, lalu disusul pak ustadz yang ngasih tausiyah. Agak molor sih 10 menit dari jadwal karena tuan rumahnya telat siap-siap hahaha….dibuka sama si mamah lanjut ngaji bersama. Surat yang dibaca surat Luqman dan Ar-rahman.

Berhubung ibu-ibu pengajian ini mau arisan jam 5.30, mreka udah rikues dari awal biar tausiyahnya gak usah panjang-panjang. Makanya surat yang dibaca pun cuma 2…hadeuuuhhh…-_____-“ ya gak papa lah, yang penting doanya ya buibuuuuu….. semoga saya dan ade bayi sehat selalu, lancar selama kehamilan sampe melahirkan nanti…aaamiiin!

saya nemu doa untuk ibu hamil ni.... (sumber dari sini)

Ya Allah,

Periharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa meyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah,

Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah,

Keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna.

Ya Allah,

Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya.

Ya Allah,

Panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskalah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Quran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW.

Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Mudah-mudahan sehat teruuuss…lancar sampe lahiran ntar ya Allahhh..Aaaammmiiin!

ps : bapak-bapak absen karena lagi sibuk cari sebongkah berlian :p

2 comments:

  1. Nice share sekarang udah ada aplikasinya di Android
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.prabudroid.invprabu

    ReplyDelete
  2. Pengalaman syukuran yang menyenangkan ya gan... sya juga manikah rasanya baru kmaren eh ga disangka-sangka udah punya anak skarang... waktu berlalu bgitu cpat ya gan

    ReplyDelete

Back to Top