2

my breastfeeding story

pengen cerita dikit ah tentang pengalaman menyusui selama 6 bulan ini...

dari hari pertama kinan lahir, alhamdulillah ASI saya udah keluar dan kinan pun langsung bisa nyusu. iya sih sempat juga ngalamin puting lecet berhari-hari (ada kali seminggu), yang sampe kesenggol baju aja perihnya masyaallah, tapi hajar aja tetep nyusuin. rajin kasih medela purelan sama olesin asi. lama-lama sembuh dan gak lecet-lecet lagi seiring dengan latch on yang makin bener.

tapi abis itu rasanya drama menyusui gak abis-abis.

sebulan pertama begadang tiap hari! lewat jam 9 malem sampe pagi tuh nangiiiiis terus. udah disusuin, ganti popok kain (yang kayanya baru aja dipasang udah dipipisin lagi), dieyong-eyong sampe bobo, pas ditaro di kasur eh nangis lagi, susuin lagi, teruuuss aja kaya gitu. untung ditemenin si mamah, kalo gak gempor banget!

saya cuma dapet cuti melahirkan 3 bulan, berarti saya juga musti berkutat dengan yang namanya perah-memerah ASI demi bisa tetep kasih ASI selama kerja nanti. kapan baiknya mulai mompa? start as early as possible. dikata baru dikit juga gak papa, lama-lama kan menjadi bukit. sayangnya saat pertama kali mompa saya gak siap mental kalau ternyata hasilnya dikit. waktu itu saya cuma dapet 30ml. langsung dong nangis bombay, ko yang lain bisa sih dapet ratusan ml?? setelah curhat sana sini, ya wajar lah masih sedikit kan ASI menyesuaikan kebutuhan bayi, ntar lama-lama juga jadi banyak ko kalo sering dikeluarin. hoo ya ya ya...tapi kenyataannya mompa sambil bayi kita nyusu terus tuh susaaaaah. pernah nyoba nyusuin sambil mompa, eh gak gape juga, malah suka kagok gitu. jadi ya sudahlah, prioritas nyusuin nengbutet, kalo sempet baru mompa. fiuh....

kalo saya kerja artinya nengbutet bakal dikasih asip (asi perah) kan. nah pake apa medianya? idealnya pake cupfeeder atau sendok ya, pake dot katanya bisa bikin bingung puting, dll. pas nyoba cupfeeding bisa sih, tapi lama-lama susaaah apalagi nengbutet aktif banget, yang ada pernah dong cupfeedernya ditendang sampe isinya tumpah semua :| yasalam, itu meresnya susah payah.....langsung deh cari-cari media lain yang bukan dot. ketemulah saya sama si magmag spout import, thanks to shintano :). so far so good. sampai akhirnya saya tergoda juga ngasih pake dot. 1 kali nyoba pake dr.browns lancar jayaaaaaa....eh besoknya nengbutet gak mau nyusu langsung :( oh my, heart breaking banget tiap mau nyusu kinan pasti nangis kejer. dan itu terjadi 4 hari sebelum saya masuk kantor. stress. balik lagi lah pake spout dan kapok pake dot.

nursing strike (atau ntah bingung puting) ini berlangsung 2minggu! sedih ih ditolak sama anak sendiri :( lebih sakit daripada putus cinta. langsung kebayang kalo terus-terusan gak mau nyusu langsung gimana huhu saya gak rela kalo dia nyusu pake botol. di masa-masa itu segala macem cara saya coba biar dia mau nyusu. dari mulai sambil tiduran, sambil duduk, sampai akhirnya sambil dieyong jalan-jalan keliling rumah. mostly it worked. apalagi pas dia udah cape dan kriyep-kriyep mau bobo. saya sempet konsul juga ke konselor laktasi. hamdalah, pelan-pelan nengbutet mau nyusu lagi. sampe sekarang masih semangat nyusu langsung kalau saya di rumah. fiuuh that time was hard. alhmadulillah udah lewat, mudah-mudahan gak terulang lagi kejadian kaya gitu.

trus apa lagi ya..

oiya, soal perah-memerah. akhirnya saya harus berbesar hati menerima kenyataan kalau saya bukan termasuk golongan orang yang hasil pompanya melimpah. gak jarang hasil mompa sehari masih kurang dari yang biasa kinan minum (6-8botol @100ml selama 12jam ditinggal ngantor). wiken pun jadinya masih harus mompa. tapi alhamdulillah banget sampai sekarang masih cukup-cukup aja.

well, masih ada minimal 18bulan lagi nih perjuangan untuk tetap menyusui. mudah-mudahan lancar, kalaupun ada drama semoga bisa terlewati dengan baik. aaamiiin!

berjuang bersama ya nak :)

gini nih kalo lagi heboh guling-guling

2 comments:

  1. anjiirr 2 minggu lomi nursing strike/biputnya? ahhh my heart broken too.. alhamdulillah ada spout magmag ya,, thx to Pigeon

    ReplyDelete
  2. iya shin 2 minggu...tiap hari deg-degan lap keringet tiap mau nyusuin...alhamdulillah udah lewaaaat...gak mau lagi kaya gitu deh huhuhu

    ReplyDelete

Back to Top