6

QMPC


Demi menjawab kepenasaranan saya selama ini, akhirnya saya ikut QMPC juga.

Apa sih QMPC itu?

QMPC atau Quantum Magna Planning Certification tuh training 2 hari full untuk belajar bikin plan sendiri, presented by para planner dari QM Financial. QMPC ini bukan sertifikasi untuk jadi planner loh yah....siapa tau ada yang nyangka ini semacam sertifikasi profesi hehehe...no no, ini training aja biar kita bisa bikin plan keuangan sendiri.

Saya ikut yang batch 15, pengisinya ada mbak Ligwina Hananto, mbak Eka, sama Mas Teguh…Iya sih bayarnya mahal (early bird-nya aja 2.5 juta hiks), tapi Alhamdulillah dapet banyak ilmu dan cukup ngerti gimana cara bikin plan sendiri.

hari pertama training diisi dengan introduction to financial planning itu sendiri, isi data keuangan pribadi, trus belajar time value of money. ini konsep dasar banget sih, tentang present value (PV), future value (FV), trus gimana penerapannya di rencana keuangan. diajarin juga gimana cara pakenya di excel (yang tentunya membuat semua hitungan jadi lebih mudah :))

hari kedua ada penjelasan tentang beberapa produk keuangan, macem tabungan, deposito, reksadana, saham, obligasi, emas, dll. gak detail banget sih.....tapi cukup ngasih gambaran umum lah, keuntungan dan resikonya seperti apa. gong-nya adalah pas saya mesti bikin sendiri plan keuangan sendiri, trus pada akhir acara didiskusikan dengan planner nya QM. sesi 1on1 sama planner ini sih yang menarik banget. saya jadi tau plan yang saya buat itu udah cukup oke atau belum, dikasih tips juga sama plannernya biar plan yang dibikin bisa komprehensif. sungguh deh, planner nya asik banget! anak muda skali gayanya dan ganteng! (penting ini...hahaha)

anyway, saya kan basicnya bukan finance ya....jadi waktu Mas Teguh mulai bahas produk keuangan agak ngawang-ngawang juga...tapi kalo masalah itung-itungannya sih agak lumayan nyambung, soalnya pas jaman kuliah sempet dapet mata kuliah Ekonomi Teknik...jadi udah familiar lah sama PV, FV, dan turunannya hehehe...

tapi tenang ajaaaaa....kalaupun kita gak ada basic sama sekali, mereka ngajarinnya sabar, runtut, dan gak sungkan untuk jawab semua pertanyaan kita. prinsipnya, "there are no stupid questions" lah...silakan tanya apapun sampai kita merasa jelas. karena tujuan akhir dari training ini kan supaya kita bisa bikin plan keuangan kita sendiri, jangan sampai udah bayar mahal tapi gak ngerti apa-apa. sayang juga kan.... ;)

ada 1 quote dari Mas Teguh yang masih nempel banget di otak saya sampe saat ini : Investasi itu jangan serakah. ih bener banget deh, kalo mau invest yang pertama kali kepikiran adalah returnnya pengen yang paling tinggi hehehe...mulai sekarang harus fokus pada tujuan, bukan sekedar nyari yang returnnya tinggi. seperti yang mbak Wina bilang, investasi itu jalan tolnya, tujuan mau kemananya itu yang lebih penting.

overall, saya puas sih sama trainingnya...mencerahkan sekali...:)
pe-er berikutnya adalah belajar terus soal produk keuangan (demi diversifikasi duit, "don't put your eggs in one basket") dan yang paling penting sih : implementasi dari plan yang udah saya buat....wish me luck! :)

ps : kalau ada yang tertarik ikut QMPC, rajin-rajin aja buka websitenya qmfinancial.com atau follow twitternya mbak ligwina (@mrshananto). lumayan juga kan kalo dapet harga early-bird, lebih murah....hehehe

xoxo

6 comments:

  1. Aaaaahhh.. aku pengen deh ikutan.. ngefans abis deh sama teh wina :)
    anyway, makasih emailnya ya lomi :)

    ReplyDelete
  2. waah, ditunggu hasil aplikasinya ya jeung, nanti ak belajar sama dirimu.. ^^

    ReplyDelete
  3. @anna
    *tooosss*
    aku pun ngefans banget sama teh wina :)
    segala penjelasannya kena banget yaaa....
    katanya bulan juli bakal ada lagi QMPC...ayo ayo kalo mau ikutan..hehehe...

    iyaa, an...sama-sama yaahh...semoga membantu...:)

    @rere
    wuiihh...ayo kita sama-sama belajar re :)
    for better future!
    *halaaahh... :p

    ReplyDelete
  4. halohalo, salam kenall lagi.. :D
    mau tanya lagi.. :p
    klo di qmpc, dikasitau ga merk2 produk keuangannya??
    mis, asuransi merk apa, rd merk apa??
    pgn ikutan tp masi brasa aga mahal, hehe..
    thx b4.. :)

    ReplyDelete
  5. halo halo lagi itaaa... :)

    kemaren yang aku ikutin itu kan QMPC 1 ya, belajar basic banget caranya bikin plan...sepanjang 2 hari training perasaan sih gak dikasih tau produknya mesti apa, paling contoh-contoh aja...tapi bukan spesifik rekomendasi. mungkin harus ikut QMPC level 2 kali ya, yang emang beneran bahas produk...

    iyaaaa berasa mahal banget sih :(
    tapi lumayan dapet pencerahan, walopun peernya masih banyak banget...huhuhu..

    ReplyDelete
  6. hooo, baiklah klo bgitu.. :p
    ntar klo kamu ikutan qmpc 2, review lagi di blog ya, hehehe.. :p

    ReplyDelete

Back to Top