3

22w+

Sengaja daftar kontrol ke dr. diah hari sabtu biar waktunya lebih fleksibel dan nyantai (dibanding kalo pulang kantor). Eh taunya pas sabtu siang itu hujan super besar dong dan jalanan macet dimana-mana. Pake motor pula ya ke KMC. Perjuangan bangeeeeetttt!!! Mood udah gak karuan bawaannya pengen ngomel terus hahahaha nyampe KMC stengah badan basah kunyup deh.

Dateng jam 3 antrian udah nomer 8 tapi yang dipanggil baru nomer 2. haaaaa yowes cari makan dulu yuk. Males ujan-ujanan, makanlah kita di cafetaria KMC. Errr…next time mending makan di tempat lain yaaaaa…makanannya biasa tapi harganya huhuhu

Abis perut kenyang balik ke ruang tunggu, trus ukur tensi dan berat badan.

Tensi : 100/60

Berat badan lagi-lagi naik 3 kg (!)

Begitu masuk ruang bu dokter langsung ngasih hasil screening test. Senaaanng karena kata bu dokter gak perlu di-her tes nya (kaya ujian aja ya hihihi). Emang sih kalo diliat dari jumlah hemoglobin dibawah range, tapi untuk ibu hamil ternyata rangenya beda, bukan pake range normal. Ibu hamil dibilang anemia kalo hemoglobin kurang dari 10.4, nah Hb saya 10.3. tipis ya! Suplemen hemobion tetep harus diminum 1x1 tiap hari. Ukuran keping darah (MCV dan MCH) normal, insyaallah gak ada tanda thalassemia. Yang lain pun semuanya normal, hamdallah….

Keluhan so far gak ada, bu dokter cuma heran aja 2 bulan trakhir naiknya bisa sampe 3kg/bulan. Saya pun sungguh bingung dok! Prasaan ngemil udah gak banyak, makan pun cuma 3x sehari, buah+sayur diusahain makan tiap hari. Apa ya yang bikin naik banget? Coklat? Es krim? Junk food? Hmm…..

Curhat beres mari USG!

Kali ini bu dokter sungguh rajin ngukur-ngukur ampe 2x. biar lebih yakin mungkin yaaaa….

BPD = 5.65 cm

HC = 19.75 cm

AC = 18.07 cm

FL = 3.67 cm

berat = 565 gr

Alhamdulillah ade bayi berkembang sesuai umurnya. Beratnya masih diatas percentile 50% sedikiiitt. Tapi gak papa yang penting sehat terus ya naaakkk…*kisskiss*

Posisi plasenta udah diatas, menurut bu dokter semakin tua umur kehamilan, plasenta emang bergerak terus ke atas sih. Insyaallah bisa lahiran normal yaaa……aamiin!

Jenis kelamin masih sama kaya hasil periksa bulan lalu. Nenek sama aunty nya langsung semangat pengen ngedandanin hahahaha

Tanya jawabnya kurang asik ah…ntah bu dokter yang lagi buru-buru atau saya dan si abang yang dodol kebanyakan nge-blank, padahal udah bikin catetan loh. Kurang banyak kali ya stok pertanyaannya.

Oia, si abang tanya perlu atau gaknya USG 4D, saya udah pernah kasih liat sih segambreng manfaat USG 4D hasil googling, tapi dia pengen memastikan langsung sama bu dokter. Kalo kata bu dokter, USG 4D ini emang lebih detail dari usg yang biasa dilakuin tiap bulan, yang diliat bukan cuma dimensi panjang dan lebar aja tapi kedalaman dan waktu juga. makanya pas USG 4D muka bayi biasanya keliatan jelas. Sungguh deh, dari penjelasan bu dokter yang saya tangkep ko intinya liat muka bayi ya, gak nyinggung tentang kelebihan lain. Kan si sumami makin mantap untuk gak USG 4D (padahal saya pengen huhuhuhu).

Lalu trakhir tanya tentang due date. Perkiraan sih awal juni (berdasarkan HPHT), itu pas usia kehamilan 40w, sedangkan lahiran udah bisa sejak 37-38w. lumayan kebayang nih kapan harus ambil maternity leave.

Isu terbaru adalah : saya belum memutuskan mau lahiran dimana. Pengen saya sih ya di KMC aja, prasaan tenang karena katanya dokter-dokter dan tenaga kesehatan lain kaya bidan/suster pada pro-ASI, IMD, dan RUM semua. Kalo sumami dan keluarga saya milih untuk lahiran di bandung, jelas sih alasannya wong rumah saya di bandung. masa lahiran di Jakarta terus langsung pulang ke bandung ? repot yah....

Peer nih cari rumah sakit dan dokter yang pro-ASI, IMD, dan RUM di bandung . ada saran?

3 comments:

  1. Alow lomi.. Salam kenal :)
    Akupun dlu hamil sm dr diah,skrg anakku ud 4bln :) dlu jg konsul ttg USG 4D ujung2ny ga dlakuin krn alasan biaya&kyny cukup USG biasa he2. Pas khamilan udh gede bs kliatan kok idung mancung anakku&mata belonya dgn USG 2D pas kontrol rutin.
    Sehat2 trus ya ibu dan bayinya.. Cewe ya dedekny? :)

    ReplyDelete
  2. hermina pasteur lomi...coba tanya jayanty anggraeni cari fbnya ajah SMAN 3 2004 biologi 2005, dia baru saja ngelahirin disitu. Kalo bilang mau asi ekslusif si bayi ga pernah dipisahin jauh dari ibunya, bayi sama ibu ada di dalem satu kamar. Pas lahir langsung dikasih ke dada ibunya.

    ReplyDelete
  3. @wichi
    halo wichi salam kenal :)
    waah sama dr diah jg ya.. Tos!
    Akupun nampaknya gak bakal USG 4D walopun penasaran bgt sebenernya hehehe
    iyaaa, insyaallah dedeknya cewe ni..
    aamiin aamiin makasi ya wichi. sehat2 juga ya dirimu dan baby raka :)

    @icha
    Hoo hermina pasteur ya... Tetep harus mention di awal kalo kita mau IMD dan asix kali ya...
    thanks infonya cha :)

    ReplyDelete

Back to Top