0

normal vs sectio

Pada awalnya saya juga gak begitu mempermasalahkan mau lahiran normal atau sectio (SC). Apalagi tiap kontrol dan saya tanya sama bu dokter, gimana dok saya bisa lahiran normal kan? Selalu dijawab, tenaaang masih panjang perjalanan kita. Saya asumsikan sih sampe saatnya mau lahiran baru bisa ketauan bakal normal atau SC (kecuali dari awal memang ada indikasi medis yang mengakibatkan harus SC kaya plasenta previa, atau posisi bayi sungsang).

Saya pun niatnya pengen lahiran normal. Sakit sih katanya yak...tapi emang SC gak sakit? Sama-sama sakit sih menurut saya. Tapi jujur saya takut kalo SC, bayangin perutnya dibelek-belek itu loh....*glek* :s

Opsi lahiran SC baru muncul setelah si ade bayi ketauan posisinya melintang. Itupun belum pasti harus SC karena kata bu dokter masih ada waktu biar si ade bayi muter ke posisi yang benar (kepala di bawah). so, masih optimis normal dong!

Oke, I don't mind lah akhirnya mau SC atau normal (walopun tetep diusahain lahiran normal). Tapi kemaren itu saya terganggu banget pas ngobrol sama temen soal normal dan SC. Ceritanya kami lagi ngomongin 2 temen kantor yang baru aja lahiran, kebetulan dua-duanya harus SC karena ada indikasi medis. Saya sih gak mikir gimana-gimana ya yang penting bayinya bisa lahir dengan selamat. Nah temen saya itu komen "si X masih belum bisa ngapa-ngapain loh mi. Pemulihannya lama ya kalo SC. Aku dulu itu lebih dr 40w masih bisa ko normal, ketuban juga masih banyak dan bersih. Enakan normal deh beneran, aku aja 5 jam abis lahiran langsung bisa jalan-jalan ke kamar bayi. bla bla bla bla...."

And I was like, what the....maksudnya apa sih komen begitu?
Ko saya nangkepnya lahiran normal tuh lebih "wah" dari SC. Kalo emang harus SC ya harus gimana lagi kan? Masa keukeuh pengen normal?

Akhirnya saya jadi mikir, emak-emak kompetitif tu bener ada ya (pun yang suka nge-judge, saya punya 1 temen yang kaya gitu)...ini baru metode lahiran, belum soal lain lagi. Hiii mengerikan...saya jadi lebih hati-hati kalo ngobrol sesama ibu (dan calon ibu). Takut menyinggung dan takut tersinggung....heuuu....semoga ibumu ini kuat mentalnya ya nak!

0 comments:

Post a Comment

Back to Top