0

36w+

Wew, gak kerasa udah periksa per 2 mingguan aja nih. kontrol kali ini udah direncanakan sedemikian rupa biar kejadian mati gaya nunggu lama di kmc gak terulang. Hahaha gaya betul dah! Kapok soalnya si suami.

jadi sabtu lalu diawali dengan senam hamil di kmc. Yang ini juga peer banget, senam mulai jam 9 tapi daftar sejak jam 7 pagi. Pesertanya pun dibatasi cuma 10 orang, which means kami harus berangkat pagi buta (jam 6.30!). untung sabtu pagi jalanan masih lengang, 15 menit doang tuh sudirman-kemang. Nyampe kmc, pendaftaran belum buka tapi yang antri udah panjang. Glek. Kalo gak kebagian gondok yeee….untung pas saya daftar baru urutan nomer 7.

Abis itu lanjut cari sarapan. Tujuan : KFC kemang. Target : pancake 10ribuan. Nyam nyam nyam :)

  
makan, ngobrol, eh gak kerasa udah mau jam 9, balik deh ke kmc. Cerita lengkap tentang senam hamilnya terpisah deh ya.

Selesai senam jam 12, masih ada 2 jam sebelum dr.diah mulai praktek. Daftar ke poli obgyn dapet nomer antrian 1 (yeay!), timbang badan, tensi, makan, solat, nunggu bentar eh udah dipanggil masuk ruangan.

Berat badan turun 0.5 kg (amazing!)
Tensi masih normal 100/60

Keluhan? Seminggu kemaren saya 2x mimisan. Gak banyak sih, tapi lumayan skeri kenapa-kenapa. Kata bu dokter wajar, ibu hamil kan pembuluh darahnya besar-besar dan pembuluh darah di hidung tuh paling tipis. Gak aneh kalo sempet mimisan atau gusi gampang berdarah. Tapi kalo besok-besok mimisannya makin parah langsung ke dokter THT, takutnya ada polip atau yang lain. Sip dok!

Lanjut usg, liat posisi kepala, alhamdulillah masih di bawah, tapi belum masuk panggul. Trus liat dengan jelas bentuk hidung dan bibir nya. Belum bisa memastikan itu hidung dan bibir ngikut siapa hahaha. ukuran kepala, tangan, kaki, dan yang lainnya pun normal. Hamdalah. lebih 5 hari sih dari perkiraan HPHT, sekarang itungannya udah 37w+ padahal kalo dari HPHT sih 36w+. dan yang paling mengejutkan adalah berat badan si ade bayi melonjak banget nget nget. 2minggu lalu cuma 2.2kg, sekarang? 3kg!

Wakwaaaawww……padahal berat badan emaknya udah turun loh. Masih masuk range normal sih sebenernya kata bu dokter, sekarang harapannya bisa lahir 1-2minggu ke depan biar gak terlalu gede. Kalo sampe 40minggu bisa 3.8kg beratnya. Maaakk…..saya langsung agak panik disitu. Well, am so excited ko ketemu ade bayi tapi kalo iya 1-2 minggu ke depan lahirannya saya belum siap mental :s

alasannya super cetek. masih kerja lah, masih belum pre-wash perlengkapan bayi lah, masih belum beberes kamar lah (maklum anak kosan), dll. Dari situ saya jadi mikir untuk ambil cuti melahirkannya agak jauh dari HPL, ternyata bukan perlengkapan bayi aja yang harus disiapin ya, persiapan mental juga penting. Pengennya sih menuju deliver the baby itu saya lagi dalam kondisi tenang, siap, dan gak panik. Yuk ah cuti aja huahuahuahua…..

Oiya, pas lagi usg itu perut saya tiba-tiba kenceng. Muka bu dokter langsung berubah serius sambil bilang, “nah ini yang namanya kontraksi. Nanti kalo udah kenceng kaya gini dan udah 5 menit sekali langsung ke rumah sakit ya”
Ooo…..jadi yang begitu toh namanya kontraksi….berarti selama ini sering banget ya saya ngalamin…

Pas tanya jawab bahas tentang kenapa ni bb si ade bayi bisa naik ampe 800gram dalam 2minggu (biasanya paling naik 100-200gram/minggu). Padahal sampe 2minggu lalu bagus loh grafiknya, selalu pas atau dibawah percentile 50. sekarang agak anomali, bb nya ada di percentile 60an. Mungkin muka saya keliatan banget ya khawatir gak bisa lahir normal kalo bayinya besar, bu dokter langsung brusaha menenangkan gitu dengan cerita kalo kemarin abis bantu lahiran normal bb bayi 3.8kg. hehehe makasih loh dok! etapi akhirnya saya disuruh tes gula juga sih, khawatirnya si ade bayi gede karena gula.

Trus saya cerita kalo gerak ade bayi gak seaktif dulu. Wajar katanya, karena bayi semakin besar tapi ruangnya udah sempit. Diajarin lah saya cara ngitung gerakan bayi, namanya Gerakan 10. jadi dari jam 8.00-14.00 dihitung ada 10x bergerak gak. setelah 10 gerakan kumplit di cek lagi tiap 2 jam sekali minimal harus ada 1x pergerakan. Nah, kalo ade bayi bergeraknya bergelombang itu dihitung 1x.

Saya tanya juga kalo perut rasanya kedutan teratur itu kenapa. Ternyata ade bayi cegukan buibu. Lucu yah, dari bayi udah bisa cegukan hehehe..bingung juga ya harus diapain, dielus-elus aja paling perutnya.

Minggu depan gak usg, tapi periksa dalem untuk ngecek ukuran panggul. Glek. Kek apa itu ya rasanya~~~~

Anyway,
Saya sebenernya masih bingung kenapa bisa ya bb ade bayi ko naiknya signifikan banget. Makan yang manis-manis dan karbo udah dikurangi, ngemil hampir gak pernah (icip doang paling). Emang sih ada yang bilang kalo di trimester 3 ni bb bayi justru cepet banget naiknya. Tapi kalo ampe 800gram dalam 2 minggu?? Well, agak gondok sih saya…huahuahua… udah ngontrol makanan tapi tetep aja bayinya jadi gede. Apa mau dikata yah……yang penting sehat deh!

0 comments:

Post a Comment

Back to Top