7

senam hamil KMC

senam hamil di KMC ada setiap hari sabtu pagi jam 9, tapi bisa mulai daftar dari jam 7 pagi. saran saya sih dateng sebelum jam 7 karena pesertanya dibatasi 10 orang aja. biaya registrasi 100.000

start jam 9.00 dan baru selesai jam 12.00.
lama yes? 
gak kerasa sebenernya, karena sebelum senam ada materi dulu (yang kemarin tentang kesehatan gigi ibu hamil) trus di sela-sela senam juga suka dikasih materi sama bu bidan.

senam yang kemarin saya ikutin lumayan melelahkan, apa karena udah makin gede ya perutnya?

selain diajarin gerakan yang bisa ngurangin kaki pegel/bengkak, memperkuat otot paha, ngurangin sakit punggung, dll. bu bidan juga ngajarin 3 jenis pernapasan :
- pernapasan iga 
- pernapasan dada
- pernapasan perut (dilakuin sambil tiduran)

gunanya sih sama ya, untuk mengurangi rasa sakit pas kontraksi. bedanya apa? err....gimana ya neranginnya hehehe...kalo pernapasan perut yang kembang kempis perutnya, yang dada ama iga saya juga agak sulit sih bedainnya :p


suasana senam hamil @KMC
trus belajar mengejan/ngeden. yang dipake pernapasan perut (kaya tiup-tiup) trus tarik napas panjang baru ngeden. poin penting :
1. mata harus membuka
2. gigi dirapatkan
3. ngeden gak pake suara (kaya ngeden pas susah BAB deh). kalo pake suara biasanya ngeden dari leher, dan itu salah. gak bantu kepala bayi keluar malah ngabisin tenaga.
4. pantat gak boleh ngangkat
5. tangan menjepit kaki 

kalo ngedennya bener sih kerasa ada yang kedorong ke bawah dan leher kita gak sakit. mudah-mudahan gak lupa ya pas hari H nya.....aaamiiin ya Allah!

oiya, si abang saya ajak ikut serta. selain tugasnya foto-foto setiap gerakan biar bisa diulang di rumah, dia juga jadi belajar gimana cara ngeden yang bener. kalo-kalo nanti saya lupa kan dia bisa ngingetin. bu bidan juga ngajarin gimana peran suami kalo si istri lagi kontraksi, cara nenanginnya gimana, cara mijitnya gimana. top lah!

trus bu bidan ngingetin untuk banyak makan menjelang persalinan biar kuat ngedennya. katanya ibu hamil kalo lagi kontraksi suka susah makan (karena nahan sakit kali ya), nah, suami bisa bantu "cekokin" makanan. beneran harus jadi suami siaga lah ya intinya.

senam hamil ditutup dengan sesi relaksasi. lagu yang dipasang selama senam kan emang relaxing gitu ya, jadi gak jarang loh pada ketiduran hihihihi

oiya, dapet snack box tapi cuma 1 kotak, suami gak kebagian :p
makanya sebelum senam mending suami pada makan dulu deh, lumayan kan 3 jam nemenin.

in the end, pesan bu bidan, kalo bisa gerakan senam itu dilakuin setiap hari di rumah, ya minimal 3x seminggu deh. biar kata perut udah besar bukan berarti halangan untuk exercise, kan bagus untuk stamina kita. yuk mari buibu kita olahraga!

7 comments:

  1. iihh aku favorit deh senam di situ. soalnya ga pernah nyoba di tempat lain, hihihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi aku pun belum pernah nyoba senam di tempat lain sih, tapi 2x senam di kmc menyenangkan sekali...jadi favorit juga deh :D

      Delete
  2. pengen nyobain tp masih takut nih.. apa gak bahaya nih? terus manfaatnya untuk Ibu Hamil itu apa ya??

    ReplyDelete
  3. wah keren banget sis, bisa jadi inspirasi nih buat ibu2 yang lain. Btw, tau tmpat yang jual baju senam terbaru gak? hehehe makasih sis ^^ salam buat keluarga

    ReplyDelete
  4. @siska dita bagus untuk stamina kita pada saat mau melahirkan mbak :) ketika senam hamil juga diajarkan bagaimana cara mengurangi sakit akibat kontraksi, cara mengejan yang benar, berlatih pernafasan yang betul, mengenali tanda persalinan..banyak manfaatnya :)

    @bachtiar arif wah mohon maaf saya gak tau dimana belinya :(

    ReplyDelete
  5. pengen nyoba tapi alamat sanggarnya dimana ya? apakah ada rekomandasi untuk baju senam wanita juga?

    ReplyDelete
  6. ini kebetulan senam hamilnya di rumah sakit tempat saya dulu kontrol kehamilan sih :)

    ReplyDelete

Back to Top