20

Presentasi Kurikulum Cikal Serpong

iya, gak salah baca ko, akhirnya Cikal buka cabang sekolah di Serpong. yeay!


gedung sekolahnya masih dalam tahap pembangungan, jadi belum kebayang lingkungan sekolahnya kaya apa. presentasi kemarin murni bahas tentang kurikulum Cikal, si 5 Stars Competencies itu. bisa liat di video ini (kemarin juga diputar) :


so far saya sukaaa banget sama ide yang mereka usung. mereka memperhatikan minat dan bakat anak, trus anak diajarkan untuk express their feeling lewat kegiatan refleksi di akhir kegiatan sekolah, orang tua juga sering dilibatkan (ada weekly assembly -pertemuan guru dan ortu), sistem penilaian bukan dalam angka tapi dalam bentuk narasi (wow!), mereka bahkan bikin workshop untuk babysitter dan para kakek-nenek. 




di Cikal bahasanya bilingual, english-indonesia. prinsip mereka, mastering both language. guru-gurunya juga dipilih yang bisa dua bahasa tersebut. 

dari sekian banyak orang tua yang hadir, mereka sebagian besar mempertanyakan apakah metode belajarnya akan sama dengan Cikal Tb Simatupang? dari segi kurikulum aja udah beda kan, di Simatupang pake IB, kalo yang di Serpong mengacu ke kurikulum nasional. kalo menurut mereka sih, metodenya ya sama aja, tetap 5 Stars Competencies itu yang dipake, cuma kontennya aja yang berbeda. beban pelajarannya juga pasti beda sih..

bedanya lagi dari Cikal Simatupang, di Cikal Serpong mulainya dari 3 tahun (pre-kindy). gak ada kelas adik-adik atau kakak-kakak.

oia, Cikal Serpong ini kan kurikulumnya ngikut kurikulum nasional dan (katanya) gak bakal jadi IB. mungkin karena itu ya biaya di Cikal Serpong jauuuuh lebih murah dari Cikal Simatupang hehehe

yang paling bikin penasaran sih, gedung sekolahnya bakal kaya apa yaaa...bakal sehijau dan se-comfy yang di Simatupang gak yaa...liat dari maket sih kaya gedung sekolah biasaaa, gak punya kolam renang sendiri juga. rencananya di Serpong ini bakal sampe jenjang SMP. jadi pas tahun ajaran 2014 udah mulai pun proses pembangunan jalan terus. ntah yaaa bakal ganggu atau gak (ya debunya, ya berisiknya)...mereka sih menjamin gak bakal ganggu kegiatan belajar mengajar. we'll see lah yaaa...

again, Kinan baru bisa enroll tahun depan untuk masuk pre-kindie. emaknya lanjut semediiii :$

*update

biaya sekolah dan peta lokasi untuk Cikal Serpong, siapa tau ada yang lagi survey juga :)




20 comments:

  1. Waaah ada cikal juga di serpong..
    Lomi kok ya ga kerasa, anak gadis udah mau dimasukin skolah yaa walopun taun depan ya mau mulainya?hehe...
    akupun becandain suami kalo naksir cikal, yg simatupang biar depanan sm kantor papahe haha jd kalo minta jajan tinggal nyebrang huahaha...
    pdhl liat dalemnya aja ga pernah aplg kurikulumnya wkwk
    Tapi Papanya pingsan duluan sm biayanya :D
    Aku nanti byk nanya sekolahan yaaa :p *ga kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada des, baru buka taun depaan..

      iyaa gak kerasa banget deh..tau-tau ko udah mau sekolah aja..

      ayo iih liat-liat aja ke cikal simatupang hihi kalo emang deket kan enaaak...banyak yang bela-belain rumahnya jauh tapi tetep sekolah disitu..

      etapi rumahmu lebak bulus kan ya? disana juga banyaaak opsi sekolahan (kata temenku)

      Delete
  2. Halooo salam kenal yaaa :D

    Seneng banget Cikal bakal ada di Serpong.. lebih kejangkau ya lokasinya.. anyway kalo tuition fee-nya dibahas ngga kemarin ituuu?atau sama aja kaya Cikal TB Simatupang? thank youuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo icha salam kenal :) thanks for dropping by yaa...

      oiyaa...biaya dibahas juga..nanti aku update ya..uang pangkalnya lebih murah dari yang di simatupang sih..

      Delete
  3. Lomiii kamu kok keren sik gerak cepat beginii.. Aku baru tau ada macem2 yak nama kurikulum sekolahan itu :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa macem-macem banget niieng kurikulum sekarang..aku juga pusiing dan belum ngerti semua hehehe

      Delete
  4. aaakkk makin pengen punya rumah di Serpong. gw lagi nyari rumah ni lomi. kabar2in dong kalau ada deket rumahmu. hihi. eh btw capek ga sih rumah jauh gitu lomi. share pengalaman dong jadi anak kereta. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sini kita tetanggan shiiin :D

      di serpong-bsd banyak banget cluster-cluster yang lagi dibangun ni..

      hmm..kalo kereta lancar sih gak cape shin, yang paling berasa tuh kalo kereta udah gangguan. wassalam deh...
      nanti aku share di posting terpisah yaaa :)

      Delete
  5. Hai Mbak Lomita, salam kenal. Saya tinggal di BSD kebetulan baca ttg ini. Boleh tahu lokasinya dimana tepatnya ya? terima kasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga :)

      lokasi tepatnya saya juga belum sempat survey hehe
      kalau dari peta ada di jalan Ciater Raya. nanti saya update untuk gambar petanya ya

      Delete
  6. Thanks ya mbak lomita, pas bgt mau daftarin anakku di situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai bunda, sama-sama ya :)

      sudah jadi daftar di Cikal Serpong?

      Delete
  7. sepertinya Gedung sekolahnya masih dalam tahap pembangunan, ada pilox CL di pintu sengnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya begitu pak

      sempat lihat juga ke lokasi, memang belum ada bangunan jadi.
      belum tau juga tahun ajaran 2014 ini mereka mulai kegiatan belajar dimana

      Delete
  8. Mbak lomiiii...senang deh ada yg update ttg cikal. Lokasi tepatnya kalau dari beranda serpong kemana mbak? Atau dr jembatan yg dilewati sungai trus ada tanjakan itu? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beranda serpong dimana yaaa saya kurang tau, maaf..

      tapi ancer-ancernya, keluar tol bsd pertama ke kiri, truus aja sampe ketemu tempat bikin semen adhimix, belok ke kanan. luruus sekitar 300m, sebelah kiri jalan ada tanah yang ditutupin seng, nah disitu tempatnya :)
      *mudah-mudahan gak nyasar*

      Delete
    2. Wwwaaa, berarti jauh ya dari pamulang. Hehehe. Jd dia nggak ke arah pamulang ya mbak? Rumahku di pamulang soalnya. Anakku kayaknya masuk cikal tahun depan soalnya nanti balik dr sini sekolah di al azhar pamulang dulu di komplek rumah, latihan bangun pagi, karna disini jam 7.30 baru bangun biasanya. Sekolahnya mulainya jam 9 soalnya dan cuma 0.6miles dari rumah. Haha.

      Bahasa pengantarnya full english mbak? iihhh, maaf ya mbak lomi aku tanya2

      Delete
    3. kalo dari google maps (tadi nyoba nyari direction dari al azhar pamulang ke jalan ciater raya hehe) lumayan jauh juga, harus pake kendaraan.

      mbak anaknya nanti masuk tk atau sd kah?
      kalau gak salah inget, pas sd baru full english, tk masih campuran tapi porsi english lebih banyak.

      hope that helps ya mbaak :)

      Delete
    4. Harusnya sih klo di sini (di birmingham) tgl 1 sept bsk dia udah year 1. Udah ada masa transisi ke SD nya kmaren udah bbrp kali gur year 1 nya ke kelas reception mengenalkan diri. Tp kyknya di indonesia harus ulang TK B lagi karna kan baru 5th per april kmaren. Disini year 1 nya 5th. Jadi TK B nya di al azhar dulu, baru SDnya insya allah di cikal. Tp katanya klo mau masuk 2015 sekitar bulan november 2014 udah harus pesan tempat ya di SD?

      Klo yg kecil kebetulan masih nursery disini. Jd nanti pas pulang masuk TK A di al azhar insya allah. Nanti SD nya tahun 2016 baru ke cikal, insya allah. Mabok deh emaknya lari estafet bayar uang pangkal. Hahaha.


      Iya agak jauh klo ke arah pasar modern situ. Mudah2an nanti bs bangun pagi mrk untuk ke sekolah. Ada jemputan ga ya cikal itu? *kok ngelunjak* klo ke al azhar dr rmh bisa lah jalan kaki atau naek sepeda. Hehehe

      Delete
    5. ooh gitu..di birmingham malah lebih cepet ya 5 tahun udah year 1.

      iya disini kalau masuk tahun ajaran 2015, sekolah-sekolah biasanya udah pada buka pendaftaran sejak okt-nov 2014. jadi mesti udah siap-siap >6bulan sebelumnya buat daftar hehe

      soal jemputan aku pernah tanya juga, karena rumahku ke cikal serpong gak bisa dibilang deket-deket amat, tetep harus pake mobil dan katanya cikal serpong ini bakal dibuat mirip yang di simatupang, sistem drop off aja, area parkir pasti cuma sedikit. sementara ini belum ada jemputan. mereka bilang sih mungkin term berikutnya akan ada, lihat perkembangan murid yang ada.
      aku salah satu yang berharap ada jemputan :D

      Delete

Back to Top