4

tentang mainan

Beberapa waktu lalu saya diajakin tika untuk ikutan acaranya fisher price playlab di four seasons hotel. Ada ay sama rere juga yang ikutan. di acara ini kami mendengarkan penjelasan bu vera (psikolog anak) tentang pentingnya bermain pada anak. ya kita tau sendiri kan..jaman sekarang banyak anak yang lebih tertarik main gadget ketimbang main yang lain. coba perhatiin kalo ke mall gitu (apalagi di tempat makan), semua duduk anteng anteng-nunduk sambil liat gadgetnya masing-masing. miris sih emang ya liatnya...walopun gak jarang saya juga kadang masih suka gitu sih *tutup muka*
trus kami diliatin playlab-nya fisher price di East Aurora, NY sana. ternyata ya, butuh serangkaian proses yang panjang untuk bisa dapetin 1 jenis mainan. mulai dari ide mainannya, aman gak buat anak, susah/mudah gak pas dimainin. jadi mereka gak bikin mainan yang ala kadarnya gitu loh...karena itu kali ya harganya jadi mahal (banget)
dari acara ini saya berasa dibukakan gitu matanya *lebay* tentang banyaaaak banget ragam mainan anak-anak.
"ooh ada toh mainan kaya gini..."
"ya ampun ini lucu banget mainannya *trus sibuk coba-coba*"
"aduh Kinan pasti suka banget kalo liat mainan ini...cari ah nanti di toko"
kira-kira begitulah komentar saya pas liat berbagai macam mainan fisher price di atas meja. ini bukan mau promo fisher price ya hehehe tapi saat itu emang mainannya banyak dan lucu-lucu banget. kalo Kinan ikut udah pasti ikutan ngegeratakin deh bareng Anelka..

pilih mainan sesuai umur anak ya!
tapi,
setelah diinget-inget, selama ini mainan Kinan lebih sering dianggurin setimbang dimainin. ntah emang gak minat, atau gimana. kalau dibawa ke toko pun Kinan belum menunjukkan tanda-tanda tertarik sama 1 mainan (kan bisa jadi semacam hint gitu buat kami untuk membelikan). dia malah cenderung pindah dari satu mainan ke mainan yang lain. jadi semacam dilema gitu kan emaknya. beli-gak-beli-gak-beli-gak.. pas udah dibeliin, eh kadang baru diliat lagi beberapa hari kemudian..


Jadi, menurut saya, beli mainan itu ternyata tricky banget. Bisa jadi anak lain suka mainan X, tapi Kinan gak, vice versa. Trus saya sama suami kan sepakat kalo gak masalah beli mainan yang agak mahal asal awet, ketimbang beli mainan murah yang sekali lempar juga rusak. nah dilema juga kan...beli yang mahal kalo gak dimainin gondok, beli yang murah sekali lempar protol semua (pernah terjadi), gak beli mainan ko ya kasian amat (iya gak sih?)

Akhirnya ya tetep beli juga sih..berdasarkan pertimbangan ayah-mamah..selama Kinan belum bisa minta/milih ya kami yang pilihin mainannya apa..

Setelah ikut acara fisher price playlab kemarin saya jadi sadar kalo anak tu ya hakikatnya bermain dan kita sebagai orang tua wajib memfasilitasi.

Ada gak sih yang kebingungan juga soal beliin mainan anak?
Atau malah ada yang berpikir kalo beli mainan itu such a waste?

4 comments:

  1. Mii aku malah jarang bawa raka ke toko mainan, doi langsung milihya truk yang segede2 gaban, yang harganya tak kalah gedee hauhahaha..

    Sekarang sih lebih suka beli kayak buku2 bergambar gitu mi, sekalian biar banyak kosakata. Eh itu masuk mainan ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pinter rakabooy!

      Kalo buku aku juga rutin beliin sih nieng, kebetulan anaknya juga seneng liat buku..

      Kadang bingung juga sih mainan ini sebenernya needs apa wants yaa haha...abis kebanyakan emaknya yang mupeng #eaaa

      Delete
  2. gw... gw termasuk yang jarang beliin Kaysa mainan. karena sama kayak Kinan Kaysa juga kalau ke tempat mainan belum tertarik sama 1 mainan tertentu. baru akhir2 ini lah tertariknya.

    akhirnya gw kasih mainan yang ada di rumah aja. jadi main pukul2 panci, main masak2an pakai beras lah, tepung beras lah. apa aja yg ada. dia lebih seneng tuh. sama mainan nyiram tanaman. wiiihhh sueneng banget anaknya. terus sama main dorong2 masuk kontainer lah.

    ohya gw beli buku play kalau ga salah judulnya. ini isinya main apa aja sama anak sesuai metode montessori. sangaaaat terbantu. secara gw ga kreatif.kayaknya gw pernah posting di twitter atau IG kalau lo mau tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tooss samaan banget ya shin anak kita!

      Iya..akupun gak kreatif blaas..suka bingung main apa ya hari ini..mau meluncur ah ke IG mu..thank you ya shiin!

      Delete

Back to Top