4

37w+

udah lewat 36 minggu berarti udah mulai kontrol seminggu sekali nih.

tensi normal, 100/70
berat badan masih sama kaya minggu lalu. tapi belum tenang ah kalo belum tau berat ade bayinya berapa. terakhir kontrol aja walopun bb emaknya turun, bb ade bayi naik banget.

kunjungan di 37w+ ini rencananya mau cek panggul alias pelvimetri. buat yang belum tau cek panggul itu apa dan gimana bisa baca disini.

saya nyantei banget loh, gak deg-degan gimana gitu mau cek panggul. etapi pas kejadian, gak berhenti pegangin tangan suami. huahuahua....pengalaman tak terlupakan lah! agak shock dan gak nyaman memang, tapi setelah itu biasa aja sih. hehehe

abis cek panggul lanjut USG.

tuh kan, berat ade bayi naik 200 gram, sekarang udah 3.2kg aja. tetep harus jaga pola makan karena masih ada 3 minggu lagi sampe mentok umur kehamilan 40w. mudah-mudahan bisa lahir di minggu 38 atau 39. ayo mules cepatlah datang!

kondisi ade bayi sehat, normal semua, ketuban masih cukup, plasenta gak menghalangi jalan lahir. hamdallah. tapi kepala ade bayi masih ngambang belum masuk panggul. gak bisa diprediksi juga sih minggu ke berapa udah engaged posisinya, kata bu dokter tinggal tunggu waktu aja ini mah.

trus bu dokter jelasin 4 tanda kita harus segera ke rumah sakit :
1. pecah ketuban. ciri air ketuban itu keluarnya banyak dan gak bisa ditahan kaya pipis.
2. keluar lendir darah atau mucus plug
3. kontraksi teratur 5 menit sekali
4. gerakan ade bayi. kalo hari ini dirasa kurang aktif dibanding kemarin, udah dipancing-pancing tetep anteng segera ke rumah sakit biar langsung di-CTG

oiya, hasil dari pelvimetri ukuran panggul saya termasuk kategori sedang. nah, diameter kepala ade bayi di minggu ke 37+ ini udah 9.7 cm (termasuk kategori besar-genetis bapaknya nih). kemungkinan untuk lahir normal masih bisa, tapi liat kondisi ntar, sampe saat ini sih belum bisa dipastikan ya. mudah-mudahan bisa normal, harus optimis dong! tanya sepupu saya yang bidan juga nyantei banget jawabannya. saya percaya Allah udah mendesign tubuh kita sedemikian rupa, bismillah aja :)

next week udah gak kontrol sama dokter diah.
yes.
akhirnya saya memutuskan untuk lahiran di bandung aja.
tapi sampe sekarang belum nemu dokter yang sreg. huahuahua....
udah pegang 1 nama sih, mudah-mudahan cocok. can I get an amin?? aaaamiiinnn!

agak sedih waktu pamitan sama dokter diah. call me lebay, tapi blio yang nemenin kami (saya+abang+ade bayi) selama 9 bulan ini. rasa-rasanya sih udah akrab bener hahaha...bu dokter minta kami tetep keep in touch dan ngasih pin BB nya. ya oloh dok, dari dulu napa jadi kan saya gak perlu sms :p #makirit
bu dokter pun minta tetep dikabarin perkembangan saya dan gak sungkan untuk dijadiin second opinion. oh, I heart you bu dok :')

eh, abis suasana terhura itu, bu dokter bilang, "sebenernya saya juga mau ngasih tau kalaupun kamu lahiran disini saya kemungkinan besar gak bisa nemenin karena saya mau cuti besar bulan juni"
huahuahua...ko bisa pas ya dookk....:)))

karena bu dokter ada operasi dan pasiennya udah nunggu, gak bisa lama-lama tanya jawabnya. sesi konsultasi pun diakhir dengan foto-foto buat kenang-kenangan hehehe

till we meet again ya dok, kali ntar saya hamil lagi (loh lahiran aja belum udah kepikiran hamil lagi hahaha) atau mau pasang KB (well, yang ini lebih masuk akal :p)

4 comments:

  1. Tetehhh, seneng dehh liat blog nya ini, dari setengah taun sebelum nikah akuu liat2 blog teteh inih, awalnya sih nemu gara2 searching cincin kawin eh nyasar disini dehhh..
    Blog nya inspiratif sekaliiii..
    Makasih lho buat semua ingpo2 yang bermanfaatnya, anyway mugia persalinannya lancar ya Teh, sehat, selamat teteh sama dede bayinyaaa..
    Salam kenal dari Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga frenceu, makasi ya udah mampir :D
      Hehehe alhamdulillah kalo bisa bermanfaat....
      Aaamiinn aaamiin...nuhun ya frenceu doanya :)

      Delete
  2. Lomitaaa... Sebenernya diriku ini sering menyambangi blogmu dengan deg-deg plasss, berhubung usia hamil kita nggak beda jauh, dan pake rumkit dan dokter yang sama hahaha. Berharapnya sih kamu lahiran sama dr Diah juga, biar bisa tau pengalamannya hehehe... Tapi yang penting yang terbaik aja lah :D Sukses yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai lei :)
      Akhirnya aku lahiran di bandung biar ada keluarga yg nemenin, eh kebetulan dr.diah jg lg off ampe awal juni kalo gak salah..
      Due date mu kapan lei?
      Mudah2an lancar yaaaa....semangat! :D

      Delete

Back to Top