2

Evaluasi Hasil Belajar

Eciyee judulnya berat amat yak, padahal cuma mau review doang sih sebenernya hahaha

Postingan ini terinspirasi seorang teman karena tiba-tiba dia tanya apa aja yang Kinan dapet setelah sebulanan ini masuk Cikal.

Hmm, well..yang saya lihat, untuk kelas adik-adik ni emang masih fokus sama motorik halus dan motorik kasar. Setiap kali kegiatan ya berguna untuk melatih kemampuan keduanya, 50:50 gitu lah, gak cenderung motorik halus aja atau motorik kasar aja. Kegiatannya mostly sederhana yang pasti bisa diulang lagi di rumah. Disini point yang saya suka, karena saya jadi dapet inspirasi juga untuk main sama Kinan.

Jalan di balok titian, merangkak lewatin meja, lompatin hulahop, naik ke atas kursi, manjatin tangga, dorong kursi, lompat kodok, sesimpel jalan dan lari keliling f5, itu contoh kegiatan untuk melatih motorik kasarnya. Kalo untuk motorik halus, belajar menggenggam dan menjumput (kemarin contohnya mindahin beras dari satu mangkok ke mangkok lain, trus masukin kacang merah ke botol aqua), meremas dan merobek kertas, menempel, mengecat, menyusun balok, belajar membuka dan menutup botol. Gampang banget kan ditiru di rumah?

Selama kegiatan diselipin belajar warna, bentuk, mengenal angka, berhitung, tapi ya masih dasar banget.
Trus diharapkan pendamping tuh ikut serta dalam kegiatan di kelas, tapi Kinan sekarang apa-apa pengennya sendiri, kadang kalau saya ikut bantuin dia gak mau. Paling saya temanin aja sambil sedikit kasih masukan, hasil akhirnya berantakan ya sudahlah yaaa namanya juga proses belajar.

Untuk saya sendiri, dengan ikut sekolah bareng Kinan saya jadi tahu kemampuan dan ketertarikannya gimana. Apa yang kurang sehingga perlu dilatih lagi di rumah. So far untuk motorik kasar menurut saya udah lumayan banget, lancar lah kalo ngikutin kegiatan di kelas. Saya juga jadi tau Kinan lebih suka mengecat dan tempel-tempel.

Yang saya suka dari Cikal, anak-anak diajarkan kebiasaan baik sejak dini. Belajar pakai dan lepas sepatu sendiri, membereskan mainan setelah bermain, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan, belajar bermain bersama teman, mengantri, menunggu, belajar kepemilikan, buang sampah di tempatnya, apa lagi ya. Oiya, di Cikal ini punya banyak lagu. Mau mulai kegiatan, nyanyi. Mau cerita, nyanyi. Ntar pas mau pulang, nyanyi lagi hahaha dan lagunya gampang banget dihapal.

Kinan so far kelihatan sangat menikmati sekolahnya. Udah mulai beradaptasi di minggu ke-3. Sekarang kalau baru datang langsung buka sepatu trus lari peluk gurunya. Udah mau pilih mainan sendiri di kelas, walaupun kadang masih suka nyariin saya. Intinya, udah nyaman lah ya dia.

Di akhir term ada guest speaker yang diundang untuk mengisi kegiatan di kelas. Kemarin ngundang praktisi craft gitu bikin kerajinan tangan dari barang bekas. Seruu...saya, abang, dan Kinan bareng-bareng mengelem, mengecat, menempel sampai akhirnya jadilah pot bunga yang cantik hehehe Selain itu ada juga parents workshop. Seneng banget ada sekolah yang rajin bikin acara untuk melibatkan orang tua dan support system lain (kakek-nenek-baby sitter-om-tante-dll) :)

Well, dari semua sisi positif itu ada juga sih yang masih mengganjal di hati. Kadang suka masih ada anak yang keukeuh pegang mainan/buku padahal kegiatan udah dimulai dan mainan lain sudah dibereskan. Tante guru akhirnya suka agak longgar, membiarkan si anak tetep pegang mainan/buku. Pendamping pun kayanya kurang bisa tegas gitu. Kalau waktunya main sudah habis ya sudah, simpan semua mainannya kan? Mungkin keliatannya simpel, tapi ini bikin anak lain terdistraksi loh. Anak kan bisa jadi mikir, "loh aku ko gak boleh pegang mainan, tapi dia boleh". Kinan sendiri akhirnya sering saya kasih penjelasan sih, karena dia kalo liat temennya pegang sesuatu suka pengen ikutan. Menurut saya, mending datang lebih awal deh biar anak bisa puas main-main dulu.

Sekiaan cerita singkat dari kelas adik-adik. Kinan bentar lagi 2 tahun jadi cuma tinggal 3 bulan lagi nih ikut kelasnya.

2 comments:

  1. wow bagusnya kelasnya.. pintar deh Kinan.. Kay juga akhirnya gw masukin Rockstar Gym, seneng banget dia joget2. semoga anak kita pintar dan salehah ya. amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaamiiin :D

      seru yaaa sekolah anak kecil jaman sekarang hihihi
      rockstar keliatannya juga nyenengin bangeeeet

      Delete

Back to Top