4

Met The Dentist

Akhirnyaaa ketemu juga kami dengan the famous drg Alya. Sempet hopeless karena untuk bikin janji dengan drg Alya di Smile Center pas weekend baru available bulan Agustus! Sekarang kan masih bulan Februari, nunggunya 6 bulan aja gitu..keburu gripis gak sih giginya Kinan? Untung ada seorang teman yang berbaik hati ngasih tau kalau drg Alya ternyata praktek juga di KMC, tapi cuma hari selasa dari jam 4 sore sampai jam 7 malam. Coba telpon hari kamis (atau jumat? Lupa juga) untuk selasa depannya, eh bisa! Bebas pula pilih jam berapa.

Saya pilih jam 6.30 malem, ngepasin jam pulang kantor jadi gak perlu cuti hehe. Dateng ke KMC pas jam 6.30 harus ke admission dulu, daftar pasien baru. Ngisi-ngisi form gitu aja ngabisin waktu 20menit masa, jadi telat deh ketemu bu dokter. Kirain saya bakal serame nunggu di poli obgyn, eh ternyata sepi banget. Begitu dateng ke klinik gigi langsung disuruh masuk ruangan dokter.

First impression, drg Alya baik dan ramah bangeet. Saya ditanya gimana kebiasaan makan Kinan dan sikat giginya. Saya cerita juga soal gigi Kinan yang udah berplak dan kayanya ada tanda-tanda karies (muka dokter langsung syok). Diajak periksa di kursi maunya dipangku ayah. Oke deh nak..


Syukur banget Kinan kooperatif selama diperiksa, gak nangis dan mau buka mulut secara sukarela. Sesuai dugaan, 2 gigi depan Kinan udah karies, belum terlalu parah jadi belum perlu ditambal. Saya tanya kan, memang perlu ditambal kalau masih gigi susu gini, toh kan nanti tanggal juga. Jawaban beliau sih, justru sejak gigi susu harus dirawat dengan benar. Kalau ada karies dan gak ditangani, bisa-bisa lubangnya tambah besar, mengikis si lapisan email sehingga syaraf-syaraf gigi terekspos. Efeknya apa? Kalau makan dingin/manis/panas anak bisa jadi merasa gak nyaman karena ngilu. Mungkin dia gak bilang kalau ngilu, tapi bisa jadi menolak makanan karena takut sakit giginya. cikal bakal (salah satu) penyebab GTM kali ni ya...Trus kalau si kariesnya sampai mempengaruhi akar gigi bisa jadi gigi dewasa ikut gak bagus tumbuhnya. Aaak oke oke dok..*seketika ngilu*

Kalau gigi udah karies emang gak bisa diapa-apain sih selain ditambal. Sementara ini Kinan cuma dikasih tooth mousse biar kariesnya gak tambah parah. Pemakaiannya cukup dioles 1x aja setelah sikat gigi sebelum tidur. Gunanya tooth mousse untuk mengisi si cekungan-cekungan di gigi itu looh..oia, pastikan gigi sudah dibersihkan ya sebelum dioles tooth mousse. Soalnya kalau ada penumpukan makanan di gigi ya gak efektif juga toh dikasih tooth mousse?

Saya penasaran, kenapa sih bisa karies, padahal baru kenal coklat sekarang-sekarang ini. Trus dokternya kan baik banget yaa, dia seneng muji-muji sampai saya gak enak hati hahaha “wah, berarti sikat giginya sudah cukup bagus tuh bu, biasanya kalau udah karies itu cepet banget loh tergerus email giginya. Ini gigi Kinan baru lapisan luarnya aja yang kena” aaah dokter bisa aja deh

Ternyata, konsistensi air liur Kinan cukup kental jadi dia memang cenderung karies giginya. Bisa juga dari sisa makanan, susu, kurang rajin menyikat gigi, atau karena ngemut makanan. Untuk kasus kaya Kinan, memang harus dibanyakin minum air putih dan rajin kumur-kumur. Pemakaian pasta gigi udah perlu belum sih? Menurut dokter, nanti aja kalau sudah bisa kumur dengan benar. Dokternya sampai bilang, “air tuh sahabat kita looh..ajari kumur-kumur (pake air matang), kalaupun tertelan kan tidak bahaya”. Oke sip dok!
Sarannya lagi, sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Kalau bisa setelah makan berat juga sikat gigi. Setelah minum susu bilas pakai air putih, minimal dilap deh pakai kassa. Termasuk setelah nyusu malem! Haha ya ampun ini peer banget..biasanya kalau tengah malem nyusuin kan ya sambil tidur.

Saya juga cerita tentang Kinan yang sekarang maunya sikat gigi sendiri, kalau saya yang sikatin kadang malah berontak. Kata dokter, ya sudah gak papa dia sikat sendiri, tapi setelah itu ibu sikatin lagi sampai bersih, pakai sikat gigi atau pakai kassa. Noted bu dok!

Tentang pasta gigi tanpa floride, menurut bu dokter kurang cocok untuk kita. Kenapa sih awalnya ada produk ini? Dulu di negara maju tuh apa-apa ditambah floride, di air, di makanan. Kalau dikonsumsi berlebihan kan gak bagus juga ya, jadilah diciptakan pasta gigi tanpa floride. Sedangkan di Indonesia gimana? Gak relevan lagi dong ya..padahal floride ini berguna sebagai pelapis luar gigi biar kuat, beda sama kalsium yang menguatkan dari dalam. Rekomendasi beliau sih pake produk lokal (khusus anak) aja, yang penelitiannya memang dikhususkan untuk anak Indonesia.

Sebelum pulang bu dokter pesan untuk rajin mengoleskan tooth mousse, mudah-mudahan terbantu biar gigi Kinan gak perlu ditambal. Menurut beliau Kinan sudah cukup nyaman dan berani diperiksa di pertemuan pertama, "anaknya pintar loh bu, pertahankan terus ya biar dia gak takut ke dokter gigi" muji terus deh ah dokternyaaa haha

Sampai bertemu 3 bulan lagi ya dok :)

4 comments:

  1. halo mba salam kenal, mau tanya, itu drg khusus anak?kalau boleh tau biayanya berapa y mba? TIA

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal juga :)

      iya, beliau drg khusus anak, istilahnya pedodontist (kalo gak salah)
      di KMC biaya dokternya aja 275.000
      kemarin tidak ada tindakan apa-apa jadi gak kena charge

      Delete
  2. mbk mita kinan mulai kenalin dokter gigi sejak usia berapa ya? sy juga pingin biasakan aizar sekarang 19 bulan

    ReplyDelete
  3. Halo mbak :)
    Sudah bisa ko kalo mau ngenalin dokter gigi ke Aizar skrg. Saya pertama kali bawa Kinan ke dokter gigi pas usianya 18bulan

    ReplyDelete

Back to Top