0

sekilas tentang mahar

bersumber dari sebuah buku yang sedang saya baca, judulnya "Membingkai Surga dalam Rumah Tangga" karya pak Aam Amiruddin dan Ayat Priyatna Muhlis, mahar merupakan sesuatu yang diberikan oleh pihak calon suami dan merupakan salah satu syarat sahnya pernikahan.
Saat dilangsungkan ijab-qabul, calon suami diwajibkan menyerahkan mahar yang sudah disepakati. mahar tersebut kemudian menjadi milik istrinya, sebagaimana firman Allah, "Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya." (QS An-Nisa : 4)
lalu mahar itu bentuknya seperti apa sih?

sebenarnya gak ada batasan minimal atau maksimal mahar yang diberikan kepada calon istri. di buku ini dijelaskan, walaupun maharnya hanya sepasang sandal, kalau calon istri rela menerima, hukum pernikahannya sah. nah, selain itu, calon istri juga berhak menentukan jenis dan jumlah mahar yang akan diterima. tapi jangan sampe mahar yang diajukan malah memberatkan pihak calon suami. intinya, mahar itu sifatnya negotiable, bisa dimusyawarahkan lah antara calon istri dan calon suami.

saya sih pengennya mahar saya nanti bukan cuma berkesan untuk kami berdua, tapi bisa bermanfaat juga. jadi diputuskanlah saya minta maharnya sejumlah uang aja. mamah sih nawarin gimana kalo ditambah peralatan solat, alquran dll seperti pada umumnya. bukannya saya gak mau ya....mukena di rumah banyak, alquran 1 buah juga gak abis-abis...takutnya malah gak kepake sama sekali...

so, this is it.
maharnya cukup uang saja.
kalo sewaktu-waktu butuh kan bisa dipake...hehehe *tetep gak mau rugi
jumlahnya berapa?
saya masih mikir-mikir....
kalo terlalu sedikit malah gak bisa dipake apa-apa, kalo kebanyakan takut memberatkan si abang, kalo jumlahnya kaya tanggal nikahan...bosen yaaaa....udah umum banget dan gak berkesan bagi saya dan abang hahahahaha...

hmm....harus nyari angka-angka yang mencerminkan saya dan abang nih.......

xoxo,

0 comments:

Post a Comment

Back to Top